Sunday, July 16, 2017

7 Lapisan OSI

                      7 Lapisan OSI Layer


       Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection

        7 Lapisan OSI Layer Tersebut :

1. Application Layer
          Fungsinya sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan,mengatur              bagaimana applikasi dapat mengaccess jaringan, dan kemudian membuat pesan" kesalahan.
Protocol yg berada dalam lapisan ini adalah HTTP,FTP,SMTP,dan NFS.

2. Presentation Layer
          Fungsinya untuk mentranslasikan data yang hendak di transmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat di transmisikan melalui jaringan.
           protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak readyrator, seperti layanan workstartion (dalam windows NT) dan juga network sell (Semacam Virtual Network (VNC) atau remote desktop protocol (RDP)).

3. Session Layer 
          Berfungsi untuk mendevinisikan bagaimana koneksi yang dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. selain itu dilevel ini juga digunakan resolusi nama.

4. Transport Layer
          Berfungsi untuk memecah data kedalam paket" data serta memberikan nomor urut kepaket" tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. 
          Selain itu pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mengtramisikan ulang terhadap paket" yang hilang di tengah jalan.

5. Network Layer
         Berfungsi untuk mendefinisikan alamat" IP, membuat Header untuk paket" dan kemudian melakukan routing melalui internet working dengan menggunakan router dan swicth layer .

6. Data Link Layer
         Berfungsi untuk bagaimana Bit" data dikelompokkan menjadi format yang diseubt sebagai frame.

7. Physical Layer
         Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensialan, sinkronisasi bot, arsitektur.

  Sekian Dan Terima Kasih.... :)

No comments:

Post a Comment